Jumat, 15 September 2017

8 Jenis Tanaman Durian Unggul Yang Paling Bagus Untuk Dibudidayakan di Iklim Indonesia

8 Jenis Tanaman Durian Unggul Yang Paling Bagus Untuk Dibudidayakan di Iklim Indonesia

Jenis Durian Unggulan - Di Indonesia terdapat puluhan jenis varietas drian yang tersebar dihampiri seluruh wilayah. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ragam varietas durian terbanyak di dunia.  Buah Durian berbentuk bulat hingga lonjong, seluruh permukaan kulit buahnya dipenuhi duri-duri besar dan tajam. Nama durian mengacu pada kulit buahnya yang dipenuhi dengan duri. Ciri khas buah durian selain kulitnya yang berduri adalah aromanya yang khas tajam dan menyengat. Daging buah durian berasa manis dan kadang-kadang agak pahit.

Bagi anda yang ingin berkebun buah durian unggulan, ada baiknya anda memahai beberapa varietas durian unggulan yang cocok dibudidayaka di Iklim Indonesia. tentunya masing varietas memiliki keunggulan masing-masing. yups, tanpa panjang lebar, kami akan memaparkan beberapa varietas tanaman buah durian Unggul yang cocok di iklim Indonesia.



Berikut ini beberapa jenis durian uggul yang paling cocok dibudidayakan di Iklim Indonesia :

1. Durian Bawor
Durian bawor ini termasuk ke dalam kategori durian unggulan, karena memiliki beberapa keistimewaan seperti: tanaman durian yang cepat berbuah (sekitar 3-4 tahun). Memiliki daging buah yang tebal dan memiliki biji yang kecil (seperti bola kempes). Untuk rasa sudah tidak diragukan lagi manis dan legitnya. Baca Juga : Bibit Durian Bawor Unggul. 

2. Durian Musang King
buah Musang King ini memiliki tekstur seperti durian montong, lembut dan memiliki aroma yang harum dengan rasa manis dan legit. Durian musang king ini dihargai sangat mahal di negeri jiran seperti Singapura dan Malaysia. Itulah sebabnya kenapa durian musang king ini menjadi salah satu pilihan tanaman durian yang layak untuk dikembangkan. Baca Juga : Bibit Durian Musang King Unggul. 

3. Durian Ochee
Durian Ochee ini merupakan varian durian yang memiliki keunggulan di atas durian musang king. Keunggulan durian Ochee ini terleta pada daging buah yang lengket ketika saat dipegang, tetapi sangat legit ketika daging buah durian ini mendarat di lidah. Rasa daging buah durian Ochee ini memiliki kombinasi rasa yang berbeda dan melekat di dalamnya seperti: gurih, hangat, lembut serta rasa manis yang bercampur pahit yang merupakan ciri khas buah durian. Durian Ochee ini juga sangat ramah terhadap semua wilayah maupun cuaca di Indonesia. Baca Juga : Bibit Durian Ochee Unggul. 

4. Durian Montong
Durian Montong berasal dari Thailand. Durian Montong memiliki rasa yang manis dan daging yang tebal dibandingkan durian jenis lainnya. Tak hanya daging tebal dan rasa yang manis, biji Durian Montong terbilang kecil dibandingkan durian biasa. Karena keunggulan durian jenis ini, masyarakat rela merogoh kocek lumayan dalam untuk mendaptkan satu atau berbuah-buah Durian Montong ini. Warna putih dan kekuningan merupakan ciri buah yang disebut-sebut sebagai durian mewah karena harga yang dipatong relatif mahal, berkisar empat puluh ribu rupiah hingga tujuh puluh ribu rupiah per buah. Baca Juga : Bibit Durian Montong Unggul. 

5. Durian Merah Banyuwangi
Durian Merah telah populer hingga ke beberapa negara. Sesuai namanya, Dabang akronim dari Duren Abang atau durian Merah, memiliki warna yang memikat serta rasa yang amat lezat. Namun ukuran Durian Merah ini relatif lebih kecil dibandingkan dnegan jenis durian unggulan dan jenis durian yang bagus lainnya, sekitar dua kilogram adalah berat maksimal buah durian ini. Jangan anggap remeh ukuran karena Durian Merah memiliki daging yang berwarna merah, lembut, dan tentunya tebal, serta bijinya jauh lebih kecil daripada durian biasa. Baca Juga : Bibit Durian Merah Unggul. 

6. Durian Pelangi
Durian Pelangi termasuk ke dalam golongan unggulan dan berasal dari pulang paling timur di Indonesia, Papua. keunggulan dari durian pelangi ini adalah buahnya memiliki warna yang unik dan cantik yaitu warna kuning muda, cokelat muda, dan merah. Warna-warna tersebut menimbulkan efek gradasi dan mencipta perpaduan warna laiknya pelangi.  Tanaman ini dapat tumbuh mencapai kletinggian dua puluh meter dan dapat tumbuh ideal di dataran rendah maupun dataran tinggi, khsusunya di daerah yang terbebas dari rumput penganggu. Usia pohon Durian Pelangi relatif panjang, mencapai seratus hingga seratus lima puluh tahun.  Baca Juga : Bibit Durian Pelangi Unggul. 

7. Durian Petruk
Durian Petruk berasal dari daerah yang terkenal akan ukiran yakni Kabupaten Jepara. Durian Petruk pun termasuk ke dalam durian lokal yang memiliki kualitas, kuantitas, dan rasa yang tak kalah saing dengan jenis durian unggulan lainnya.  Daging buah Durian Petruk dapat dikonsumis bagi Anda atau pun masyarakat yang tak menyukai aroma durian yang tajam karena durian ini baunya dianggap “nyaman” bagi hidung yang tak suka bau yang tajam. Buah Durian Petruk berbentuk bulat telur atau oval dengan ujung agak runcing, kulit buah lebih tipis sekitar tiga milimeter. Sedangkan berat buah mencapai satu hingga satu setengah kilogram. Meski produk lokal, buah yang dihasilkan tak kalah saing sebab ketebalan daging dapat dibuktikan serta ukuran biji yang kecil. Selain rasa yang nikmat, tanaman ini terkenal akan daya tahan terhadap hama penyakit sehingga dalam membudidayakan jenis durian unggulan ini tak memerlukan obat pengusir hama. Baca Juga : Bibit Durian Petruk Unggul. 

8. Durian D24
Durian d24 biasa disebut sebagai Durian Agung atau Durian Sultan. Buah durian jenis ini telah menempatkan diri sebagai durian yang memiliki rasa yang khas serta nikmat, dan tak ingin kalah dengan jenis-jenis durian unggulan lainnya. Ketika Anda menikmati satu buah durian d24 atau Durian Agung, kepuasan akan merebak dan menjalar hingga ke sekujur tubuh Anda. Daging buah tebal, berbentuk bulat, memiliki warna kuning, bertekstur kering dan manis, serta ukuran buah yang tak terlalu besar tentu akan memikat naluri Anda untuk menikmati buah hingga tandas. Baca Juga : Bibit Durian D24 Unggul. 

Demikianlah informasi tentang  jenis durian unggul yang paling cocok dibudidayakan di iklm indonesia, semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda dalam memilih jenis durian yang paling cocok untuk dibudidayakan di lingkungan anda. terima kasih. Baca Juga : 




-
kata terkait,
Tanaman durian, bibit Tanaman durian Unggul, Tanaman durian Unggul, Jenis Tanaman durian unggul, Jenis Tanaman durian paling cocok dibudidayakan di Indonesia, Keunggulan durian montong, Keunggulan durian bawor, keunggulan durian musangking, keunggulan durian petruk, keunggulan durian D24, Keunggulan durian merah, keunggulan durian pelangi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar